ANDI MAHARDIKA's profile

Baja Mulia Lestari

Latar belakang
Kantor Baja Mulia Lestari adalah sebuah proyek interior yang unik. Ia bertempat di lantai dua bangunan pabrik baja, satu lantai di atas gudang baja. Luas ruangannya 90m menghadap utara. Kondisi awal ruangan melompong tanpa sekat, dengan utilitas bawaan jendela dan kamar mandi.
​​​​​​​Klien proyek ini adalah pemilik HOMR (House of Mustika Ratu) cabang Cianjur. Setelah HOMR selesai di tahun 2020, setahun kemudian ia membutuhkan suatu ruangan kerja yang dekat sekaligus untuk tempat tinggal sementara. Lantas ia meminta rancangan yang cukup kontras, yakni gabungan antara ruang rapat dan ruang istirahat. Ruang rapat adalah ruang yang hidup dan terbuka, sementara ruang istirahat adalah ruang tertutup dan menuntut ketenangan. Kami menjawab kebutuhan ini melalui perpaduan gaya interior, tata luas yang proporsional, serta rancangan perabot khusus.
Memadukan Fluiditas Jepang
Awalnya, proposal rancangan berupa dua pilihan gaya interior, yakni antara gaya jepang atau fluid. Masing-masing menghasilkan ekspresi yang berbeda. Gaya jepang memanfaatkan materialitas kayu untuk memberi nuansa hangat dan pasif, sementara fluid memanfaatkan sifat organik untuk mengesankan ruangan yang aktif dan tak putus. Melihat dwifungsi ruang yang kontras (rapat dan istirahat), maka kami memutuskan untuk memadukan keduanya.
Kami melihat kedua gaya ini mengandung karakter yang saling melengkapi. Penggunaan ekspresi kayu menampilkan kesan rumah yang nyaman dan sederhana. Sementara bentuk organik dari konsep fluid akan mengisi ruang-ruang negatif, lantas mencairkan kesan sempit dan kaku secara alami.
Permintaan kedua dari klien adalah ruangan tanpa pemisah dinding bata. Selain menekan budget, tujuannya agar ruangan ini bisa dipakai lagi untuk keperluan berikutnya tanpa perlu membongkar struktur. Maka, kami merancang partisi khusus yang memisahkan ruang rapat dan istirahat. Mengenai partisi ini akan dijelaskan lebih lanjut di bawah. 
​​​​​​​Terakhir, efisiensi pemanfaatan area 90m untuk seluruh rencana. Kami membagi ruangan ini menjadi 3 zona, pertama zona utilitas berisi kamar mandi dengan ruang depan (2x5m), lalu ruang rapat (9x5.8 m), dan ruangan istirahat (5x5.8 m). Ruang depan memisahkan area kamar mandi dengan ruang lainnya. Ruang rapat menduduki porsi terbesar dengan kapasitas meja 20 kursi. Lalu ruang istirahat di sisi barat mengambil luas sesuai kebutuhan aktivitas bersantai dan kerja individu bagi klien.
Baja Mulia Lestari
Published:

Owner

Baja Mulia Lestari

Published: